Library Tour Digital Library UNIMED

Humas Digilib Unimed, Medan pada Kamis (01-02-2018) melakukan library tour ke perpustakaan yang ada di Kuala Lumpur (Malaysia). 

Kepala Perpustakaan Digital Library Unimed Tessa Simahate, S.Sos, M.I.Kom. beserta beberapa staf dari tiap bagian yang ada di Digital Library melakukan library tour ke University of Malaya Library dan  Petronas Resource Centre.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kualitas layanan perpustakaan guna mendukung program Unimed menjadi World Class University.

Library tour yang telah dilaksanakan pada tanggal (1 - 4 februari 2018) ini dimulai dengan kunjungan ke University of Malaya Library.  Banyak hal yang dapat dipelajari dari perpustakaan universitas ini terutama mengenai layanan yang khusus dibuat untuk para penyandang difabel, layanan yang buka selama 24 jam, dan mengenai pendidikan pengguna yang dibagi menjadi 3 bagian, antara lain: orientasi perpustakaan bagi pelajar baru, sesi kemahiran maklumat bagi mahasiswa yang ingin melakukan pengkajian bahan pustaka secara detail, dan GIG 1004 (Kursus Wajib Universiti) bagi mahasiswa semester 1 dan 2 untuk mendapatkan ijazah dasar. Digital Library sendiri sudah melaksanakan program yang sama yaitu bimbingan pengguna bagi mahasiswa baru dan kelas literasi informasi untuk mahasiswa yang ingin lebih mendalami pengetahuan akan penelusuran bahan pustaka. Sedangkan untuk program GIG 1004 masih dicanangkan dan semoga dapat segera diwujudkan.

Kunjungan kedua ke Petronas Resource Centre yang menjadi Organizing Commitee for IFLA 2018 at Kuala Lumpur to August. Perpustakaan ini sangat berkesan modern dan unggul pada collection strength dengan total koleksi sebanyak 247,938 yang terdiri dari e-book sebanyak 52.34%, printed book 9.56%, periodical 5,29% dan news clipping 26,69%. Selain unggul pada kekuatan koleksi, yang patut dicontoh dari perpustakaan ini adanya system Sister Libraries, system ini memudahkan penggunanya karena hanya dengan mendaftar menjadi anggota di Petronas Pusat Kuala Lumpur, pengguna tersebut sekaligus sudah menjadi anggota di perpustakaan cabang yang ada di UTP. Perak, PLC. Bangi, Instep-Terengganu, ALAM-Melaka, MISC-Dayabumi, ARC. Galeri Petronas, KTC. Sabah, dan MLNG, Serawak. Sehingga dimanapun pengguna berada, mereka bisa berkunjung, membaca, sekaligus meminjam bahan pustaka yang ada di perpustakaan pusat maupun perpustakaan cabang Petronas. Inilah inovasi terbesar yang ingin dilakukan oleh Digital Library, dengan “satu akses”, mahasiswa yang sudah menjadi anggota di perpustakaan pusat nantinya dapat berkunjung, membaca bahkan meminjam koleksi di ruang baca yang tersebar di tiap fakultas yang ada di Unimed.

Tantangan yang lebih berat kedepan akan terasa ringan dengan kerjasama dan dukungan dari semua pihak terkait untuk memajukan Digital Library menjadi World Class Library dan pastinya juga semakin mengangkat citra Unimed menuju World Class University.

Bagikan ke Sosial Media