Visitasi Akreditasi Perpustakaan Universitas Negeri Medan

(Foto dari kiri ke kanan : 1. Dra. indah Wuryani (Asesor), 2. Syahyetti, S.Sos (Perpusda), 3. Dra. Ratnawati Dora, SIP (Kepala Perpustakaan Unimed), 4.Dra. Sri Endang Sumartini (Asesor), 5. Sonang Sitorus, S.Sos (Perpusda), 6. Catur Dedek Khadijah, S.Sos, MM (PUMC) dan 7. Donni Yudha Prawira, S.Sos (Kor. Unit Automasi/Ketua Kegiatan Akreditasi)

Perpustakaan Universitas Negeri Medan atau lebih akrab disebut Digital Library Unimed, pada hari Rabu, 30 September 2015 kedatangan tim asesor akreditasi perpustakaan Dra. Endang Sri Sumartini dan Dra. Indah Wuryani dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia didampingi tiga orang staf dari Perpustakaan Daerah Sumatera Utara (BAPERASDA SUMUT). Tim Asesor melakukan asesmen atau penilaian langsung di Digital Library Unimed dalam rangka akreditasi perpustakaan. 

Perpustakaan Nasional  RI memiliki tugas akreditasi berdasarkan UU no 43 tahun 2007 tentang pepustakaan, terutama dalam kaitan Perpusnas sebagai lembaga Pembina. Untuk keperluan ini Perpusnas menggunakan pedoman Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Dalam pedoman itu dinyatakan bahwa akreditasi perpustakaan perguruan tinggi diharapkan dapat menjamin standar kualitas yang dibutuhkan suatu perpustakaan perguruan tinggi. Adapun komponen yang menjadi penilaian akreditasi perpustakaan perguruan tinggi adalah :

NO

KOMPONEN

JUMLAH INDIKATOR KUNCI

BOBOT

1

Layanan

12

20

2

Kerja sama

2

5

3

Koleksi

14

15

4

Pengorganisasian Bahan Perpustakaan

3

10

5

Sumber Daya Manusia

10

15

6

Gedung/ruang, Sarana Prasarana

35

10

7

Anggaran

3

10

8

Manajemen Perpustakaan

5

10

9

Perawatan Koleksi perpustakaan

3

5

 

                                 Jumlah

87

100%

Instrumen atau borang akreditasi perpustakaan tahun 2015 secara lengkap dapat di download disini

  • Tujuan Akreditasi perpustakaan : Meningkatkan kepercayaan masyarakat (pemustaka) terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan yang bersangkutan
  • Manfaat Akreditasi bagi perpustakaan yang diakreditasi : Meningkatkan motivasi lembaga perpustakaan (termasuk sumber daya manusia) untuk meningkatkan kinerjanya

Rangkaian acara akreditasi Perpustakaan (Digital Library) Unimed diawali dengan penyambutan terhadap tim asesor akreditasi yang langsung disambut oleh Kepala Perpustakaan Unimed Dra. Ratnawati Dora. SIP didampingi Donni Yudha Prawira, S.Sos selaku koordinator unit automasi sekaligus ketua kegiatan akreditasi dan Catur Dedek Khadijah, S.Sos, MM selaku PUMC, serta seluruh tim perpustakaan yang terlibat langsung dalam kegiatan sesuai dengan kerjanya.

Asesor diajak Library Tour melihat langsung fasilitas yang ada di Digital Library Unimed mulai dari lantai I sampai dengan V, sebagai bentuk penghargaan asesor didaftar dan dibuatkan kartu anggota perpustakaan sekaligus langsung digunakan untuk uji coba layanan yang ada. Mulai dari pintu masuk asesor melakukan scan kartu anggota sebagai data kunjungan, selanjutnya asesor mencoba melakukan peminjaman buku mandiri dengan alat canggih SelfCheck System V-Series dengan cara yang sangat mudah hanya dengan scan kartu dan buku lalu cetak bukti peminjaman dengan layar sentuh.

Asesor mencoba mengembalikan buku yang dipinjam dengan alat canggih Intelligent Return and Sorter System (IRSS) yang mana di sumatera baru hanya perpustakaan Unimed yang memilikinya. Melalui alat tersebut pemustaka dapat mengembalikan buku secara mandiri dengan layar sentuh dan terdapat bukti pengembalian, buku yang dikembalikan akan disortir secara otomatis oleh mesin tersebut. Perpanjangan buku, pencarian buku dan berbagai aktivitas sirkulasi dapat dilakukan secara online melalui http://library.unimed.ac.id sedangkan terkait dengan perpustakaan dapat dilihat pada http://perpustakaan.unimed.ac.id dan mengenai koleksi lokal konten Unimed silakan akses di http://digilib.unimed.ac.id, ketiga website tersebut dikelola oleh Perpustakaan Unimed.

Setelah Library Tour asesor menyaksikan video profil Digital Library Unimed di ruang Home Theater lantai V. Hampir semua lantai telah dikunjungi dan semua fasilitas telah dilihat oleh Tim Asesor. Dalam rangkaian Library Tour akreditasi Digital Library Unimed, tim asesor beserta rombongan merasa kagum atas semua fasilitas canggih dan banyaknya ruang pertemuan yang dimiliki Digital Library Unimed yang terus diisi dengan berbagai kegiatan baik dari civitas akademika Unimed maupun dari pihak luar sehingga wajar jika Digital Library Unimed dijadikan salah satu icon Unimed.

Hasil penilaian akreditasi tidak serta merta langsung diumumkan namun data yang ada, baik yang dilihat langsung maupun berupa bukti fisik dibawa ke Perpustakaan Nasional sebagai bahan pembahasan oleh tim pusat dalam menentukan nilai yang akan diberikan untuk Digital Library Unimed. Adapun predikat penilaian dalam akreditasi perpustakaan adalah :

No

Predikat

Penilaian

Rentang Nilai

1.

Akreditasi A

Baik Sekali

86 –100

2.

Akreditasi B

Baik

71 – 85

3.

Akreditasi C

Cukup

56 – 70

4.

Belum Terakreditasi

Kurang

< 56

Sebagai penutup kegiatan, Tim Asesor dan Tim Perpustakaan makan bersama disalah satu rumah makan terkenal daerah Kecamatan Tanjung Morawa. Tim Perpustakaan (Digital Library) Unimed Berharap mendapatkan nilai terbaik dari hasil kerja keras yang telah dilakukan Kepala Perpustakaan beserta seluruh jajarannya. Terima Kasih kepada tim asesor yang telah melakukan asesmen di Digital Library Unimed. Terima Kasih kepada Bapak Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, MPd yang terus mendukung dan peduli terhadap Digital Library Unimed.

(Redaksi : Donni Yudha Prawira, S.Sos)

Bagikan ke Sosial Media