SEJARAH

Gedung Digital Library

UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan berdiri seiring dengan berdirinya Institusi induk yaitu IKIP Medan.  Pada awalnya merupakan perpustakaan Fakultas FKIP USU.  Pada tahun 1959 Perpustakaan dipimpin oleh Ny. Fondoh Hoeres. Pada tahun 1969 perpustakaan baru menempati gedung tersendiri dengan ukuran 800 m2berlantai dua.  Unsur pimpinan berganti pada tahun 1962 dipimpin oleh Ny. Hajani Adnan.  Pada tahun 1963 beralih kepada Drs. M. Simatupang dan pada tahun 1965 pimpinan diserahkan kepada Drs. J. Tumanggor serta pada tahun 1977 pimpinan perpustakaan dijabat oleh Drs. M. Tambunan.

Sesuai dengan keluarnya PP 30 tahun 1980 maka status perpustakaan menjadi Unit Pelaksana Teknis, dimana Kepala UPT Perpustakaan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dengan pembinaan sehari-hari dilakukan oleh Pembantu Rektor I.

Pada bulan Agustus 1984 Kepala  Perpustakaan saat itu, Drs. M. Tambunan, mengikuti tugas belajar ke Amerika Serikat maka perpustakaan dipimpin  oleh Drs. Belling Siregar.  Dan sejak bulan Mei 1986 setelah Drs. M. Tambunan kembali dari tugas belajar kepala UPT Perpustakaan IKIP Medan kembali dipimpinnya.

Tahun 1987 UPT Perpustakaan IKIP Medan pindah ke lokasi kampus baru Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, dengan menempati gedung seluas 3.000 m2 berlantai tiga.  Karena kampus IKIP Medan menempati tiga tempat yaitu kampus lama Jl. Merbau, kampus Jl. Pelajar dan Kampus baru Jl. Willem Iskandar Pasar V maka UPT Perpustakaan mengambil kebijakan, sejak tahun 1990 membuka Perpustakaan di tiap-tiap fakultas yang ada dengan sebutan Ruang Baca Fakultas, hal ini dimasudkan untuk mendekatkan koleksi kepada pemakai perpustakaan terutama bagi pengguna yang masih jauh dari UPT Perpustakaan di kampus baru.

Pada tanggal 15 Agustus 1989, pimpinan UPT Perpustakaan IKIP Medan diserahterimakan dari Drs. M. Tambunan, MLS kepada Drs. Belling Siregar.  Pada tahun 1992 kepala perpustakaan mengikuti tugas belajar di Inggris, maka perpustakaan dipimpin oleh Dra. Ratnawati Dora, SIP sampai tahun 1994.  Setelah Drs. Belling Siregar, MLib. Selesai tugas belajar UPT Perpustakaan kembali dipimpin sampai tahun 1998.

Pada tanggal 14 Juli 1998 kepala UPT Perpustakaan diserahterimakan dari Drs. Belling Siregar, M.Lib. Kepada Dra. Ratnawati Dora, SIP hingga sekarang. Pada September 2013 UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan pindah ke gedung baru Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan dengan luas 13.585 m2. Pada hari Sabtu, 14 Desember 2013 Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Ir. KH. Muhammad Nuh, DEA didampingi Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar MSi, Pembantu Rektor I Prof. Dr. Khairil Anshari, M.Pd Pembantu Rektor II Drs. Chairul Azmi, M.Pd. Dirjen Dikti Prof. Dr. Djoko Santoso dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudyaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

Gedung Digital Library Unimed terdiri dari 5 lantai dengan fasilitas yang lebih baik. Adapun fasilitas Gedung baru Digital Library Universitas Negeri Medan yaitu; Lantai 1 terdiri dari: Locker Room, Discussiom Room, Book Shop, Ruang Baca, Peminjaman, Pengembalian, Koleksi Pinjam Singkat, Kolesi Referensi, Terbitan Berseri (Jurnal, Majalah, Koran), Informasi, Mushola. Lantai 2 terdiri dari: Ruang Kepala Tata Usaha, Koleksi Standard, Discussion Room. Lantai 3 terdiri dari: Ruang Koleksi Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian), Pelayanan Teknis, Automasi Perpustakaan. Lantai 4 terdiri dari: Ruang Sidang, Ruang Seminar, Ruang Internet. Lantai 5 terdiri dari : Multimedia, (Home Theatre 3D, Audio Visual ), Kubikus.

Nama Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan yang terpasang pada gedung baru perpustakaan menjadi tantangan berat bagi perpustakaan untuk mewujudkan perpustakaan digital yang mampu bersaing secara nasional dan internasional. Salah satu program kerja dalam menjawab tantangan tersebut yaitu; dengan terwujudnya Digital Repository http://digilib.unimed.ac.id yang sangat memberikan kontribusi yang besar dalam pencitraan Universitas Negeri Medan baik secara nasional maupun internasional, hal ini terbukti sejak 2012 Digital Repository Unimed dijalankan, pada edisi Juli 2013 masuk rangking 8 Indonesia, 67 Asia, 523 dunia dan 485 Top Institusional versi webometrics dunia, data tersebut dapat dilihat pada http://repositories.webometrics.info/  dan edisi Februari 2014 masuk rangking 6 Indonesia, 57 Asia, 470 dunia dan 449 Top Institusional.

Secara lengkap perkembangan perjalanan peringkat versi webometrics dunia Digital Repository Universitas Negeri Medan yang dikelola Perpustakaan Unimed sebagai berikut :

 

WEBSITE

RANGKING

TAHUN/EDISI

INDONESIA

ASIA

DUNIA

TOP INSTITUSIONAL

DIGITAL REPOSITORY

http://digilib.unimed.ac.id

JULI 2015

7

39

341

337

DIGITAL REPOSITORY http://digilib.unimed.ac.id

JANUARI 2015

9

59

434

425

DIGITAL REPOSITORY http://digilib.unimed.ac.id

JULI 2014

6

34

360

343

DIGITAL REPOSITORY http://digilib.unimed.ac.id

JANUARI 2014

6

57

470

449

DIGITAL REPOSITORY

http://digilib.unimed.ac.id

JULI 2013

8

67

523

485

 

Berdasarkan data Alexa pada 6 Oktober 2015http://www.alexa.com/siteinfo/unimed.ac.id website - website yang ada di Unimed yang paling banyak dikunjungi setiap harinya adalah http://digilib.unimed.ac.id sekitar 60.57% dan http://library.unimed.ac.id 2.65% Ini menunjukan kontribusi perpustakaan sangat besar terhadap promosi Unimed. Sejak tahun 2012 hingga sekarang Perpustakaan Unimed mengelola tiga website yaitu; http://perpustakaan.unimed.ac.id berisi tentang profil dan aktivitas Perpustakaan Unimed, http://library.unimed.ac.idsebagai sistem informasi manajemen perpustakaan mulai dari keanggotaan, OPAC (Online Public Access Catalog) katalog online, sikulasi, pelaporan dan lainnya, selanjutnya http://digilib.unimed.ac.id berisi lokal konten terbitan sivitas akademika Unimed sekaligus sebagai salah satu portal unggah karya ilmiah Dosen.

Perpustakaan Universitas Negeri Medan terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap citivas akademika. Sebagai bentuk evaluasi kinerja dalam berbagai hal, maka Perpustakaan Universitas Negeri Medan melakukan rintisan akreditasi Perpustakaan. Rintisan akreditasi ini dilaksanakan tahun 2015 dan rencananya diusulkan untuk di akreditasi tahun 2016.

Namun berkat kerja keras tim Perpustakaan Universitas Negeri Medan, akhirnya UPT Perpustakaan atau Digital Library Universitas Negeri Medan direkomendasikan untuk di akreditasi tahun 2015. Dalam waktu yang cukup singkat sekitar enam hari tim bekerja keras menyiapkan seluruhnya baik data, tata ruang dan lainnya. Pada hari Rabu, 30 September 2015 tim Asesor Akreditasi Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional melakukan visitasi dalam rangka asesmen Akreditasi Perpustakaan Universitas Negeri Medan. Hasil akreditasi UPT Perpustakaan atau Digital Library Universitas Negeri Medan akan disampaikan selambat-lambatnya akhir Desember 2015